Informasi Lebih Komplet Mengenai Pala

 

Biji pala atau umum disebutkan pala ialah rempah asli Indonesia yang dikenali dunia dan datang dari Indonesia. Pala menjadi satu diantara komoditas hasil pertanian favorit dari Indonesia dan sudah diperjualbelikan dengan bangsa asing semenjak beberapa ratus tahun kemarin. Pendayagunaan dari biji pala demikian bermacam, dimulai dari kepentingan pangan sampai penyembuhan. Dan rupanya, sisi yang dapat digunakan dari tanaman ini bukan hanya biji buah saja. Daun, bunga, daging buah, dan kulit tipis pembungkus buah (fuli) jadi bagian-bagian dari buah dan tanaman ini yang bisa digunakan oleh manusia. Untuk ketahui semakin banyak informasi mengenai pala, silakan baca pada artikel di bawah!

 

Informasi Lebih Komplet Mengenai Pala, Rempah Yang Jadi Salah Satu Komoditas Hasil Pertanian Favorit Dai Indonesia

 

Tanaman pala sebagai tanaman tropis asli Indonesia yang dari Kepulauan Banda, Maluku. Dalam kategorisasi ilmiah nama tanaman pala ialah Myristica fragans, kerabat Myristicaceae. Tumbuhan pala dikenali sebagai tipe tanaman berbatang besar dan tinggi. Tinggi tanaman ini bisa capai 30 mtr.. Dia termasuk juga tanaman berusia panjang, di mana umurnya dapat semakin dari 100 tahun.

 

Biji buah jadi sisi paling penting dari tanaman pala yang diperjualbelikan dan di export ke beragam Negara sampai sekarang ini. Rempah ini juga yang memikat Bangsa Eropa untuk tiba ke Nusantara. Karena harga yang tinggi, tanaman ini juga ditanamkan di Negara tropis yang lain dibawa bertepatan dengan visi kolonialisme Bangsa-bangsa Eropa di masa lalu. Sebagai Negara asal tanaman pala, Indonesia jadi produsen dan pengekspor pala paling besar di Dunia sampai sekarang ini. Perdagangan pala di pasar dunia tidak terbatas pada biji pala saja. Produk turunan dari biji pala yakni minyak pala jadi komoditas pertanian favorit dari tanaman pala. Minyak atsiri pala bukan hanya dibuat dari biji saja. Fuli (kulit ari yang membuntel biji), daging dan kulit buah, biji dan daunnya bisa juga disuling jadi minyak atsiri berharga ekonomi tinggi.

 

 

 

Mengenali Morfologi Tanaman Pala

 

Tanaman pala tumbuh di daerah daratan rendah sampai ketinggian 700 mdpl. Dia sebagai tanaman berbatang besar dan tinggi. Tinggi tanaman bisa capai 30 mtr.. Vegetasi ini termasuk juga berusia panjang, dengan umur sampai lebih dari 100 tahun. Kelembapan udara yang bagus untuk tanaman sekitar di antara 50-80% dengan curahan hujan tinggi (2.000-3.500 mm/tahun). Untuk temperatur, dia bisa tumbuh baik pada temperatur sekitaran ± 20-30°. Dan untuk tingkat keasaman tanahnya (pH) 5,5-7.

 

Biji pala warna coklat saat kering dan tertutupi kulit ari warna merah. Biji ada di dalam pokok buah yang tertutupi daging tebal warna putih. Buah berupa oval dengan kulit warna kuning. Daging buah berbentuk dua potong yang sama-sama tersambung dan mempunyai cengkungan garis sama seperti yang melingkari buah dan kerap terbuka saat buah tua. Buah pala tumbuh dari ketiak daun dan melekat pada batang yang bercabang dan menyambung sampai ke batang khusus (buah majemuk). Buah pala sebagai bunga sejati yang dari ovari buah yang jadi membesar. Bunga pala mempunyai warna mahkota putih dengan putik dan benang sari warna putih.

 

Daun pala berbentuk daun tunggal berupa ellips sampai oval dengan jalur meyirip dan mempunyai ujung lancip. Warna daun hijau tua dan mengkilat untuk bagian sisi atas. Dan bagian sisi bawah daun warna hijau pucat dengan garis pertulangan yang muncul. Daun tanaman pala bertangkai pendek dan mempunyai letak zigzag pada ranting tanaman.

 

Pendayagunaan Buah, Bunga Dan Daun Pala

 

Ada banyak sekali faedah yang dapat didapat dari tanaman pala. Yang demikian dikenali dari pala ialah bijinya. Biji ini juga yang diperjualbelikan secara luas baik pada wujud biji utuh, bubuk atau minyak. Untuk orang Indonesia, biji pala biasa jadi salah satunya bumbu penyedap masakan, misalnya saja pada kuah bakso, sauce, roti, kue puding, sampai minuman. Pada pemakaiannya sebagai bumbu penyedap, ada yang memarut biji ini, dan ada juga yang melembutkannya atau jadi bubuk. Biji pala bisa juga dibuat jadi produk turunan berbentuk minyak atsiri.

 

Sisi lain dari buah pala yakni daging buah bisa juga dijadikan sumber pangan. Produk turunan dari daging buah ini misalnya sirup, manisan, dodol dan permen. Di bagian kulit buah yang sudah dikupas atau dipisah dari daging buah dapat dipakai sebagai pengusir nyamuk. Dan sisi kulit tipis pembungkus biji (kulit aril) pada buah pala masih tetap mempunyai faedah, yakni sebagai bumbu masak.

 

Minyak atsiri pala bukan hanya dibuat dari penyulingan biji buah saja. Daging buah, daun, bunga dan daunnya bisa juga disuling untuk memperoleh konsentrat minyak atsiri. Minyak pala ini dapat dijadikan sabun, minyak wangi wewangian therapy, kosmetik, beberapa dan ada banyak kembali yang lain.

 

Buah pala dapat menjadi penyembuh untuk beberapa penyakit. Semua sisi dari buah ini mempunyai kandungan yang nyaris sama. Mereka dapat dipakai untuk penyembuh masuk angin, insomnia, rematik, ngilu haid, antiemetik (rasa mual dan muntah), memperlancar pencernaan dan buang angin, menambahkan selera makan, dan ada banyak kembali yang lain.

 

Begitu keterangan ringkas berkaitan dengan “Pala Jadi Salah Satu Komoditas Hasil Pertanian Favorit Dari Indonesia”. Tulisan ini sebagai pertimbangan penulis berdasar pada pengetahuan, penilaian, dan dari rekomendasi yang penulis kenali. Minta maaf bila ada kekeliruan dan kekurangan dalam penulisan atau Info! Terima Kasih.

 

Rekomendasi : Tukangpohon.com