Cara Menggunakan Charger Wireless

Inilah beberapa cara menggunakan charger wireless dengan benar dan aman yang bisa disimak bagi yang baru saja membeli. Wireless charger merupakan salah satu alat dimana memungkinkan pengisian daya baterai pada smartphone tanpa menggunakan kabel.  Charger wireless memiliki beberapa komponen lampu LED memiliki fungsi sebagai sistem deteksi objek, dalam permukaan non slip memiliki fungsi sebagai pengaman.

Sebagai teknologi induksi berbasis magnetik charger wireless menciptakan arus dalam kumparan yang disebut coil receiver baterai smartphone melalui medan magnet. Untuk menggunakan charger wireless tidak sembarangan, karena syarat untuk menggunakan sistem ini perangkat hardware smartphone harus memiliki perangkat pendukung charger wireless. Bagaimana cara yang benar dalam pengguna sistem charger wireless? Berikut akan dijelaskan:

1. Siapkan Perangkat

Langkah pertama dalam cara menggunakan charger wireless adalah menyiapkan perangkat smartphone dan charger wireless yang akan digunakan.  Adapun  komponen yang perlu disiapkan diantaranya smartphone, charger wireless dan sumber tegangan listrik atau adaptor.

Hal yang perlu diingat adalah untuk perangkat smartphone harus memiliki fitur pendukung charger wireless. Apabila tidak memiliki fitur tersebut, maka tidak dapat menggunakan charger wireless. Perangkat smartphone yang telah memiliki fitur tersebut biasanya keluaran terbaru, adapun diantaranya samsung S7 dan Iphone.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Lupa Password Wifi di Android

2. Lepas Casing Smartphone dan Hidupkan Mode Silent

Berikutnya dalam proses pengisian daya perangkat smartphone dengan charger wireless yaitu dengan melepaskan segala bentuk aksesoris pada perangkat smartphone. Adapun termasuk casing apalagi casing yang tebal dan berbahan baku logam, karena hal itu tentu akan mengganggu proses pengisian daya pada perangkat smartphone.

Selain itu, perangkat smartphone harus mode silent selama proses pengisian, hal tersebut berfungsi untuk memaksimalkan selama proses pengisian daya. Kenapa? Karena sistem charger wireless ini menggunakan perangkat coil receiver pada ponsel untuk melakukan proses induksi dengan charger untuk menghasilkan arus listrik pengisian daya. Oleh karena itu mode silent wajib dilakukan selama proses pengisian daya.

3. Tempatkan Charger Wireless pada Permukaan Rata

Setelah menyiapkan semua perangkat yang diperlukan untuk melakukan proses pengisian daya dengan charger wireless, langkah berikutnya adalah menempatkannya pada permukaan yang rata. 

al ini perlu dilakukan agar proses pengisian daya pada perangkat smartphone bisa berjalan secara optimal. Apabila permukaanya tidak rata akan sangat berpengaruh pada pengisian daya yang akan dilakukan, bahkan tidak bisa melakukan pengisian daya.

4. Hubungkan Adaptor pada Sumber

Cara menggunakan charger wireless selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghubungkan sistem adaptor pada sumber tegangan listrik. Pasalnya, ketika sistem adaptor tidak dihubungkan tentu proses pengisian daya pada perangkat smartphone tidak akan berjalan. Hal terpenting yang sangat perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa sistem adaptor charger wireless mendapatkan lisensi dari pabrik.

5. Letakkan  Smartphone Pada Charger

Setelah semua tahap sebagaimana dijelaskan di atas dilakukan, langkah terakhir adalah dengan meletakan perangkat smartphone pada charger wireless dengan posisi lcd menghadap ke atas. Kemudian tunggu sampai proses pengisian daya selesai dilakukan.

Adapun hal yang perlu diperhatikan adalah selama proses pengisian daya tidak diperkenankan meletakan barang apapun di atas perangkat smartphone. Sebab, sistem charger wireless ini menggunakan perangkat coil receiver pada ponsel untuk melakukan proses induksi dengan charger pad untuk menghasilkan arus listrik pengisian daya.

Itulah tadi  cara menggunakan charger wireless secara baik dan benar. Sistem pengisian daya dengan charger wireless dengan begitu banyak kelebihan, kekurangan tentu serta memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi. Maka para pengguna diharapkan hati-hati betul dalam pemakainya. Semoga bermanfaat.

Yuk baca artikel teknologi lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com