12 Cara Memperbaiki Speaker Laptop Tidak Bersuara – Kaca Teknologi

Bagaimana cara mengatasi speaker volume laptop yg tidak keluar bunyi, bermasalah, kecil, turun sendiri, atau mati sebelah pada laptop ? perkara ini bukanlah perkara yg baru dalam global personal komputer , hampir semua orang di global pernah mengalami masalah ini.

Speaker sendiri berfungsi buat mengeluarkan bunyi yang sedang dibaca sang sistem, misalnya seperti memutar lagu, memutar video atau apapun yang membutuhkan output suara maka kita niscaya membutuhkan speaker. apabila yang bermasalah adalah pada komputer, sangat gampang sekali dalam mengatasinya terlebih lagi bila memang speaker yang digunakan memang telah rusak otomatis kita hanya perlu merubahnya saja.

Lalu, bagaimana bila yg terjadi merupakan pada laptop ? kita tahu sendiri laptop mempunyai speaker yg sudah terpasang di dalamnya sebagai akibatnya kita tidak sanggup leluasa otak-atik lagi. Biasanya masalah yg sering terjadi merupakan pada driver atau memang sistem yang tidak bekerja menggunakan baik. Jika memang yg bermasalah merupakan perangkat kerasnya maka yg wajibAnda lakukan merupakan membawanya ke loka servis personal komputer/ laptop.

Berikut cara mengatasinya :1. Cek volume laptop

Seperti yg Anda baca, Anda wajibcek terlebih dahulu apakah speaker laptop dimatikan (mute) atau tidak ? atau mungkin volume sama sekali tidak dibesarkan. Hal ini acapkali terjadi dan jarang disadari oleh pengguna. Oleh karena itu, silakan Anda cek bagian volume-nya terlebih dahulu.

Anda bisa lihat lambang speaker yang terdapat pada bagian pojok kanan bawah (umumnya dekat menggunakan lambang internet atau baterai).Klik ikon speaker tadi lalu klik Mixer.Setelah itu Anda akan melihat gambar misalnya di atas, besarkan volume dalam media yg Anda pakai, speakers, dan pula system sounds.dua. Cek pengaturan sound dalam keyboard

Seringkali banyak pengguna yg nir sengaja menekan tombol pada keyboard sehingga menyebabkan speaker tidak aktif. Pada keyboard laptop sendiri sudah disediakan tombol menaikan dan menurunkan volume. Selain itu, disediakan jua tombol untuk menonaktifkan volume. 

Contohnya pada laptop yang Saya pakai, untuk menonaktifkan volume adalah memakai tombol Fn + F2. Anda bisa lihat lambang yg terdapat dalam keyboard Anda, umumnya setiap laptop mempunyai tombol yg tidak sama dan terdapat beberapa laptop yg tidak perlu menekan Fn terlebih dahulu.

Berikut cara mengatasinya :Lihat pada keyboard laptop, umumnya terdapat ikon suara.Untuk menonaktifkannya Anda mampu tekan “Fn + Tombol Suara” atau “Tombol Suara” saja.Biasanya sistem akan memberikan tampilan saat Anda menekan tombol tersebut, apakah speaker laptop diaktifkan atau tidak.

tiga. Cek volume pada aplikasi yg digunakan

Sekarang apabila memang speaker telah diatur seperti yg dijelaskan 2 cara pada atas, pastikan Anda pula mengecek nya dalam pelaksanaan yang dipakai. Contohnya misalnya pelaksanaan pemutar video, Youtube, dan sebagainya.

Jika Anda sedang menonton film padahal speaker primer laptop diatur dengan volume yg besar , tetapi ternyata volume yang keluar tetap minisanggup saja itu lantaran pengaturan volume pada media pemutar video yg Anda pakai.Buka pelaksanaan yg sedang digunakan.Silakan cek apakah memiliki volume yang besaratau tidak?

Seperti gambar di atas, volume dalam media pemutar diatur mini. Anda bisa geser volume tersebut ke daerah kanan buat lebih akbar.

Baca Juga : Langkah Sederhana Mengatasi Bluetooth Speaker JBL Yang Tidak Terdeteksi4. Disable dan Enable speaker

Cara ini memang nir wajar, namun banyak pengguna yg menyatakan bahwa cara ini cukup bekerja dengan baik. Caranya mudah, Anda hanya perlu menonaktifkan speaker kemudian aktifkan kembali. Dengan itu speaker bisa digunakan lagi.Silakan buka Control PanelHardware and SoundSound.Nanti akan timbul ventilasi baru, dalam menu Playback pada sana masih ada jenis speaker yang dipakai sang laptop Anda. Klik kanan dalam Speakers → Disable → tunggu beberapa saat → Enable.

Jika telah pastikan speaker aktif kembali.Coba Anda cek balikdengan memakai speaker tersebut.lima. Roll Back driver sound

Anda jua sanggup menggunakan fitur “Roll Back” ini untuk mengembalikan speaker ke versi asalnya atau mengatur ulang speaker. Namun homogen-rata Roll Back hanya bekerja ketika driver speaker baru saja pada-update dan mengalami kegagalan setelahnya.Tekan “Windows + R” kemudian ketikkan devmgmt.msc atau cari dalam menu pencarian Device Manager.Setelah Device Manager berhasil dibuka, selanjutnya Anda cari Sound, video and game controllers lalu klik dalam sajian tadi.Setelah itu, nanti akan ada driver sound yg terpasang pada laptop Anda. Silakan Anda klik kanan pada driver yg dipakai lalu pilih Properties.Selanjutnya masuk ke tab Driver kemudian pilih Roll Back Driver.

Lantaran speaker yg Saya gunakan adalah driver dari (bukan update baru) jadi Saya sendiri tidak bisa Roll Back Driver tetapi mungkin bisa dalam perangkat Anda.Jika telah nanti sistem akan mengembalikan driver sound kembali ke driver yang sinkron buat laptop Anda.

Anda juga wajibmencoba untuk melakukan pembaruan pada driver sound yg dipakai. Pembaruan ini bersifat otomatis apabila Anda menggunakan fitur yg disediakan sang Windows sendiri. Tetapi mampu juga secara manual menggunakan mengunduhnya pada situs resmi laptop yang sedang dipakai.Caranya masih sama misalnya no 5 pada atas, masuk ke Device Manager.Pilih Sound, video and game controllers lalu klik kanan & pilih Properties.Pilih Update Driver dan ikuti instruksi yang diberikan.7. Install ulang driver

apabila memang cara no lima & 6 belum bisa mengatasi masalah Anda silakan Anda coba buat install ulang driver. Melakukan instalasi ulang ini sebenarnya tidak tidak selaras jauh menurut kedua cara pada atas hanya saja install ulang ini akan membantu Windows pada mencarikan driver yg sesuai buat perangkat Anda.Masuk ke Device Manager.Pilih Sound, video and game controllers lalu klik kanan dan pilih Properties atau Anda bisa eksklusif klik kanan kemudian pilih Uninstall.

Setelah itu, Anda sanggup eksklusif restart personal komputerlalu nanti Windows akan menginstal otomatis driver yang sinkron buat laptop Anda. Jika memang Windows nir menginstal otomatis berarti Anda wajibmencarinya secara manual. Anda sanggup cari pada situs-situs resmi laptop yang dipakai atau menggunakan aplikasi driver misalnya Driver Pack.8. Atur speaker pada Volume Control OptionsKlik kanan pada ikon suara di pojok kanan bawah kemudian klik Volume Control Options.

Setelah itu, Anda sanggup centang pada bagian “All devices currently playing sound” dan pilih speaker mana yang ingin digunakan.

Klik Apply lalu klik OK.Coba Anda cek terlebih dahulu apakah speaker telah bekerja menggunakan baik ? apabila belum silakan ganti device sound menggunakan speaker yang lain.9. Gunakan Microsoft Fixit Troubleshooter

Microsoft sendiri membentuk majemuk troubleshooter salahsatunya adalah buat mengatasi kasus dalam speaker laptop. Troubleshooter ini mampu bekerja buat laptop Anda mampu juga tidak, karena rata-homogen nir semua orang berhasil mengatasi perkara suara dengan cara ini tetapi ada beberapa orang yg berhasil menggunakan troubleshooter. Jadi apa salahnya buat mencoba bukan ?10. Perbarui BIOS ke versi terbaru

Pada beberapa masalah ternyata yang bermasalah terjadi dalam BIOS. BIOS yg digunakan nir mendukung sound card yang terdapat sehingga sampai kapanpun Anda mencoba buat membenarkannya maka tidak akan berhasil. 

Solusinya Anda bisa coba buat memperbarui BIOS ke versi terbaru, Anda cari BIOS versi terkini dalam situs resmi laptop dan biasanya di sana masih ada cara buat menggunakannya. Pada BIOS ini terdapat yang harus update manual dan ada yg otomatis (sinkron keluaran dari situs resmi) jika Anda mengunduh yang manual maka Anda wajibmemasangnya secara manual dan sebaliknya bila mengunduh yg otomatis maka Anda hanya perlu menginstal saja lalu sistem akan me-restart otomatis & nanti BIOS otomatis diperbarui.11. Cek Menggunakan Headset

Kita telah membahas 10 penyebab primer dalam bagian software pada perkara bunyi tidak keluar dalam laptop. Sekarang mungkin dalam bagian aplikasi seluruh bekerja menggunakan baik kemudian bagaimana dengan syarat hardware laptop Anda ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *