Memilih Speaker Sound Sentral Sekolah Yg Sempurna

Bagaimana memilih speaker sound sentral sekolah yang sempurna?… Seperti kita ketahui, sistem yg sahih buat sound sentral sekolah adalah sistem impedansi tinggi 100V Line. Jadi secara otomatis speaker yg sempurna buat sound sentral sekolah juga harus speaker impedansi tinggi.

Speaker impedansi tinggi adalah speaker yg telah terpasang trafo matching impedance di dalamnya. Trafo matching impedance yg terpasang di speaker ini berfungsi buat meng-konversi saluran high impedance 100V Line menjadi low impedance 8 Ohm sebagai akibatnya suaranya dapat direproduksi sang speaker dan sekaligus membatasi daya aporisma yg boleh masuk ke speaker.

Salah satu produsen yang produk – produk speakernya banyak yang terpasang trafo matching impedance di dalamnya adalah TOA. Beberapa produk speaker impedansi tinggi yang umum adalah Speaker Box, Ceiling, Coloum, & Horn. Dan model speaker yg kami rekomendasikan, yang karakteristiknya cocok untuk dipasang di dalam ruangan sehingga paling tepat bila digunakan menjadi speaker sound sentral sekolah merupakan contoh Speaker Box ZS-062

Speaker Coloum bisa diletakkan di dalam juga di luar ruangan, tetapi ciri suaranya yang agak “garing” membuatnya ini lebih sempurna jika dipasang pada luar ruangan (outdoor), sedangkan Speaker Ceilling adalah contoh speaker yang dibuat untuk dipasang pada plafon. Speaker ini poly digunakan sebagai speaker music background & announcer di pasar swalayan, lobi, dll.

Kombinasi antara Speaker Box dan Speaker Ceilling dalam satu ruangan merupakan hal yg paling tepat bila anda menginginkan headroom yang rupawan sekaligus latif secara estetika

Bagaimana cara mengatur daya maksimalyg boleh masuk ke speaker?… Pengaturan ini bertujuan supaya speaker dapat bekerja optimal sekaligus berkaitan erat dengan pemilihan daya amplifiernya.

Trafo matching impedance yg terpasang dalam speaker mempunyai “tap” pilihan daya yang akan dimasukkan ke pada speaker. Kita tinggal mengeset dayanya saja sinkron data pada stiker petunjuk yg ditempelkan.   Sebagai contoh, Speaker Box ZS-062 dapat diatur daya yang akan diberikan ke speaker sebesar 0,8W, 1,5W, 3W, & 6W.

Pengaturan trafo matching impedance yg biasa saya pakai adalah pada tap 6,7K (1,5W – 100V Line), akan tetapi jika dibutuhkan, daya dapat anda atur sendiri menggunakan memindahkan tap pada daya yang lebih tinggi.

Dulu terdapat instalatur sound sentral yg bingung dan bertanya pada aku. Setelah beberapa tahun mengerjakan instalasi sound sentral dalam sebuah sekolah, dia diminta untuk menambah jaringan lantaran terdapat tambahan unit kelas baru.

Setelah speaker terpasang ternyata suaranya lebih keras daripada speaker yg lamapadahal model dan tipenya sama. Dikiranya yg nir beres ada perangkat sentralnya. Diotak – atik beberapa usang tidak berhasil kemudian telepon gw. Dan saya hanya menyarankan buat membuka box speaker kemudian menyamakan setting daya pada trafo matching impedance menggunakan setingan speaker lama. Masalah terselesaikan.

Jadi sebelum dipasang, usahakan buka tutup belakang Speaker Box dan periksa posisi tap dayanya. Pastikan semua speaker berada pada setting daya yang sama lantaran setting daya ini berpengaruh dalam level (keras / pelan) suara yg dihasilkan.

Satu hal lagi, ada yang minta pendapat saya mengenai berapa unit speaker box usahakan yg dipasang dalam kelas.

Jawaban saya : Tergantung luas kelas atau ruangannya

Secara generik, berukuran ruang kelas merupakan sekitar 8 x 8 meter. Untuk berukuran ini saya akan menggunakan 2 buah unit speaker box & dipasang pada dinding depan kelas dan kurang lebih 1,5 meter dari dinding kanan – kiri.

Ini merupakan posisi paling ideal dalam pemasangan speaker kelas. Suara dari speaker dapat meng-cover semua area kelas (headroom) tanpa harus memakai volume tinggi dan menurut sisi estetika juga rupawan.

Bagaimana dengan sekolah yg memasang hanya 1 unit speaker box per kelasnya & menggunakan setting daya besaratau aporisma buat setiap speaker?…

Secara level suara mungkin cukup, akan tetapi suara menjadi nir seimbang buat setiap titik dalam kelas & yg paling parah merupakan karena menggunakan setting daya akbar atau maksimalserta level volume yg tinggi akan menyebabkan kejelasan berita menjadi berkurang & tidak “easy listening”.

Pada waktu ini terjadi, yang rugi adalah peserta ujian listening Bahasa Inggris lantaran disamping wajibmemikirkan jawabannya, mereka juga harus bekerja keras mendengarkan soal dari bunyi speaker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *