√ 13 Cara Mengatasi Speaker Laptop Yg Tidak Suara

Meski hanya menjadi perangkat keluaran tambahan (bukan inti) akan tetapi speaker sangatlah krusial, bayangkan saja jika tidak terdapat speaker, engkaunir akan bisa memutar bunyi apapun dari laptop!

Saking pentingnya komponen ini, pengguna akan eksklusif dibuat panik dan resah waktu tiba-datang speaker laptop tidak suara.

Masalah speaker laptop tidak terdapat bunyi atau mangkatini bisa terjadi di seluruh merk laptop tanpa terkecuali, baik itu laptop Asus, Acer, HP, Lenovo, Dell, Samsung, atau merk lainnya.

Tapi hening dulu! Berakal telah menyiapkan goresan pena lengkap mengenai penyebab & cara mengatasi speaker laptop tidak bunyi.Penyebab Speaker Laptop Mati

Setidaknya terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan speaker laptop nir suara, antara lain:

Masalah pada driver relatif majemuk, sanggup karena driver speaker belum diinstal, terjadi error atau corrupt, nir kompatibel, hingga versi yg digunakan telah lama.

Maksudnya disini adalah pengaturan speaker yg dipakai (default hasil playback), pengaturan volume option, hingga speaker pada syarat mute.

Penyebab ini sanggup dikatakan yg paling berat, karena telah berurusan menggunakan hardware atau perangkat keras speaker secara pribadi. Bisa saja kabel speaker putus, kualitas speaker telah menurun, sound card error, sampai speaker rusak.Cara Mengatasi Speaker Laptop Tidak Bunyi

Sebelum memutuskan buat mengganti speaker laptop, usahakan lakukan terlebih dahulu beberapa cara mengatasi bunyi laptop nir keluar yang sudah kami tuliskan pada bawah ini.1. Install Driver Speaker

Jika masalah speaker laptop tidak bunyi sejak pertama kali engkaumenggunakan laptop tadi, atau selesainya melakukan instal ulang, kemungkinan terbesarnya adalah driver speaker belum terpasang.

Solusinya sangat gampang, yaitu relatif dengan menginstall driver speaker yg sanggup kamu dapatkan berdasarkan DVD Driver bawaan laptop, atau download pada situs resmi merk laptop kamu.2. Periksa Volume Speaker

Speaker laptop tidak bunyi bisa saja terjadi karena terdapat kesalahan dalam pengaturan volume speaker.

Bukan tingkat volume biasa yg bisa pada atur dengan tombol Fn + icon speaker ya! Tapi pengaturan volume di pengaturan volume aduk-aduk.

Masalah ini umumnya ditandai dengan keliru satu atau beberapa aplikasi yang nir mau mengeluarkan bunyi, namun dalam aplikasi lain terdapat suaranya.

Sebaiknya, silahkan cek pengaturan volume mixer menggunakan cara di bawah ini:Klik kanan icon speaker yg terdapat di Taskbar bagian kanan.Pilih opsi Open Volume Mixer.Perhatikan semua bar volume. Coba naikkan semua bar volume & cek suaranya.

3. Cek Tombol Mute pada Keyboard

Tidak jarang pengguna laptop secara tidak sengaja menekan tombol mute yang ada pada keyboard & tidak tau bahwa hal tersebut menyebabkan speaker laptop jadi tidak suara.

Kebanyakan, tombol mute ini berada di antara tombol F1 – F12 (yg ada gambar speaker menggunakan tanda X atau garis silang). Tapi ada juga laptop yang memiliki tombol mute terpisah.

Jadi silahkan pada cek saja, kemudian tekan tombol tersebut. Ada juga yg wajibsembari menekan tombol Fn. Dicoba saja ya!4. Disable & Enable Speaker

Beberapa pengguna laptop Windows menyatakan bahwa melakukan proses disable/enable driver sound sanggup mengatasi masalah speaker laptop yang tidak terdapat suaranya.

Berikut cara buat melakukannya:Buka Control Panel & pilih opsi Hardware and Sound. Klik Sound. Buka tab Playback.Klik kanan Speaker & pilih  Disable. Tunggu beberapa saat, lalu aktifkan lagi menggunakan cara klik kanan & pilih Enable.

Setelah melakukan langkah-langkah pada atas, silahkan tes apakah spekaer laptop sudah suara lagi atau belum.lima. Cek Default Speaker

Pengaturan default speaker ini sangat krusial, karena jika posisi default speaker galat (bukan speaker laptop) maka jelas speaker laptop akan mati & nir mengeluarkan suara sama sekali meski volume sudah 100%.

Cara melakukannya jua mudah, berikut selengkapnya:Buka Control Panel menggunakan mencarinya lewat Start Menu.Pilih opsi Hardware and Sound. Klik opsi Sounds. Pilih Speakers, lalu klik opsi Set Default. 6. Reinstall Driver Speaker pada Device Manager

Seperti yg sudah kami sebutkan di atas bahwa galat satu penyebabnya ada pada driver sound.

Jadi, nir ada salahnya buat mencoba melakukan pemugaran driver speaker itu sendiri.

Disini, kamu bisa melakukan proses install ulang driver buat memastikan bahwa driver dalam keadaan baik. Caranya merupakan menjadi berikut:Buka Start Menu, kemudian cari & buka Device Manager.Buka bagian Sound, video and game controllers.Klik kanan driver speaker kamu & pilih Uninstall Device. Driver speaker pada umumnya bernama conexant, realtek, dolby, atau broadcom. Klik Uninstall lagi pada jendela yang timbul.

Setelah terselesaikan, silahkan lakukan restart laptop.

Pada ketika restart terjadi, secara otomatis laptop akan menginstal balikdriver speaker. Jadi kamu nir perlu repot-repot menginstallnya sendiri.

Setelah laptop nyala balik , silahkan putar lagu atau cek suara speaker dengan alternatif. Apakah perkara speaker laptop meninggal telah teratasi atau belum? apabila belum maka lanjut ke cara lainpada bawah ini.7. Update Driver Speaker

Selain melakukan proses install ulang driver, melakukan update driver jua ternyata relatif efektif buat mengatasi speaker laptop nir bunyi pada Windows 7, Windows 8, Windows 10, bahkan Windows 11.

Cara melakukannya tidak jauh tidak sama menggunakan install ulang driver, yaitu lewat Device Manager. Berikut langkah-langkah lengkapnya jika engkaumasih galau:Buka Device Manager lewat Start Menu atau pencarian.Klik bagian Sound, video and game controllers.Klik kanan driver speaker dan pilih Update driver. Pilih Search automatically for drivers. Tunggu hingga proses update selesai.8. Roll Back Driver Sound

Selain driver yang lama, ternyata update driver dalam versi terkini jua bisa bikin speaker laptop tidak terdapat suaranya.

Kenapa sanggup begitu? Karena kemungkinan perangkat speaker nir kompatibel menggunakan versi driver terkini atau driver baru tadi mengalami kasus.

apabila speaker laptop nir keluar suara selesainya engkaumelakukan update driver atau update Windows, usahakan coba lakukan roll back.

FYI! rollback adalah proses buat mengembalikan ke versi sebelumnya.

Ini dia langkah-langkahnya:Buka Device Manager.Pilih Sound, video and game controllers.Klik kanan driver speaker dan pilih Properties. Buka tab Driver dan pilih opsi Roll Back Driver.

Tunggu hingga proses mengembalikan driver ke versi lamaterselesaikan dilakukan.9. Lakukan Troubleshoot Sound

Microsoft juga menyediakan fitur bernama Troublshoot yg mampu dipakai buat memecahkan berbagai perkara yang terjadi pada laptop dengan OS Windows, termasuk speaker yg nir keluar suara sama sekali.

Cara menggunakannya juga sangat gampang, berikut panduannya:Buka menu Settings yg ada di Start Menu.Pilih opsi System. Buka tab Sounds, lalu klik Troubleshoot. Pilih speaker laptop engkau& klik Next.Tunggu proses troubleshoot selesai.

Selain menggunakan cara tadi, kamu juga mampu melakukan troubleshooting dengan cara klik kanan icon speaker pada Taskbar, kemudian pilih Troubleshoot sound problems.10. Speaker Laptop Tidak Bunyi Sebelah

Jika speaker laptop nir bunyi sebelah, jangan eksklusif men-judge bahwa salahsatu speaker rusak! Lantaran sanggup jadi pengaturannya saja yg salah .

Untuk memastikan, silahkan ikuti cara berikut:Klik kanan icon speaker pada Taskbar & pilih opsi Sound.Buka tab Playback.Klik Speakers dan klik Properties.Buka tab Levels.Klik Balance.Pastikan nilai L & R sama.

Apabila nilai L lebih akbar berdasarkan R, maka suara speaker sebelah kiri (Left) akan lebih akbar menurut sebelah kanan (Right), begitu juga kebalikannya.

Apalagi apabila terdapat yg nilainya 0, maka speker tadi tidak akan mengeluarkan suara.

Jadi silahkan atur nilainya supaya sama.11. Bersihkan Speaker

Ini mungkin memang nir begitu berpengaruh, akan tetapi membersihkan speaker jua krusial lo!

Apalagi jika speaker engkaumengeluarkan bunyi kresek-kresek, maka mampu jadi ada kotoran misalnya debu, air, atau pasir yang menempel dalam speaker.

Jadi tidak terdapat salahnya buat membersihkan speaker laptop. Untuk membersihkannya sanggup menggunkan tisu atau lap yg kering ya!12. Coba Cek menggunakan Speaker Eksternal

Jika seluruh cara di atas telah engkaulakukan dan tidak menampakan output yang baik. Silahkan cek memakai speaker eksternal.

Hal ini buat memastikan bahwa speaker laptop yg tidak suara tersebut sahih-benar rusak atau nir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *