Jual Ikan Koi Kudus

Saat ini terdapat beberapa jenis ikan koi yang sangat beragam. Hal ini dikarenakan persebaran jenis ikan koi yang berbeda-beda, yang bertujuan untuk memudahkan identifikasi berdasarkan warna dengan nama yang berasal dari Jepang.

Misalnya Ikan Koi Besar jenis Shiro yang artinya ikan koi ini berwarna putih atau jenis Utsurimono (warna teduh. Berbasis hitam, tapi ada 2 warna). Jadi walaupun jenisnya banyak, ada nama yang disertai dengan polanya, jadi tidak bingung lagi dengan banyaknya jenis ikan koi.

 

Anda bisa belajar tentang warna dasar pada ikan koi. Secara umum jenis ikan koi ini didominasi oleh jenis Gosanke, Shiro (putih), Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba dan Kawarimono.

Perlu Anda ketahui juga bahwa jenis Ikan Koi sangat beragam. Bukan sembarang orang. Ikan koi ini merupakan spesies yang masih berkerabat dengan jenis ikan hias lainnya seperti ikan mas dan gurame. Yang membedakan kedua jenis tersebut adalah warna kulitnya. Uniknya, penamaan Koi menggunakan nama dalam istilah Jepang. Mengapa? Konon ikan ini awalnya populer di Jepang.

1. Jenis Ikan Koi Kohaku

 

Ikan koi kohaku adalah salah satu jenis ikan koi yang paling terkenal dan juga yang tertua di antara ikan koi lainnya. Koi ini paling banyak dijumpai di beberapa tempat dan cukup dikenal masyarakat. Ikan koi kohaku ini memiliki warna dasar putih cerah dengan balutan warna merah cerah di tubuhnya. Harga ikan Koi Besar kohaku disesuaikan dengan jenisnya, biasanya sekitar Rp. 450.000 penggilingan dan sekitar Rp. 2.000.000 untuk koi dewasa.

2. Ikan Koi Kujaku

Yang kedua adalah jenis koi kujaku. Yang mana jenis koi kujaku yang memiliki nama yang hampir mirip dengan kohaku. Namun, tidak hanya mirip dari segi penamaan, tetapi juga dalam pola warnanya yang sekilas juga hampir mirip dengan jenis kohaku. Koi kujaku ini pada dasarnya berwarna putih tulang dan disertai dengan tambahan warna merah/oranye yang agak kehitaman dan merata pada ikan koi, harganya juga tidak jauh berbeda dengan koi kohaku. Sekitar Rp. 2.100.000 hingga Rp. 2.600.000.

3. Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan Koi Shiro bekko ini merupakan jenis ikan koi air yang dikenal sangat cantik. Sesuai dengan namanya (shiro), ikan koi ini didominasi warna putih cerah disertai dengan pola hitam di tubuhnya.

Ikan koi shiro bekko bisa dikatakan cantik karena memiliki bagian hitam di dalamnya yang terletak di bagian kepala. Sedangkan untuk sirip dada ikan koi ini terdapat garis-garis yang indah. Namun, tidak semua ikan koi Shiro Bekko memiliki garis ini. Harga koi Shiro Bekko ini berkisar Rp. 200.000 hingga Rp. 850.000.

4. Jenis Koi Shiro Utsuria

Koi utsuri dan shiro bekko adalah spesies koi dengan varian yang hampir sama sekilas. Padahal, jika dilihat secara detail, terdapat banyak perbedaan warna dan corak yang cukup mendasar.

Jenis koi Shiro bekko dan shiro utsuri adalah jenis koi yang sama dan tersedia dalam dua warna hitam dan putih. Namun varian warna untuk shiro bekko ini memiliki warna dasar putih kemudian ditambahkan beberapa titik hitam. Sedangkan shiro utsuri memiliki warna dasar hitam sebagai warna dasar dan corak putih selain kombinasi warna pada tubuhnya. Harga ikan koi shiro utsuri ini berkisar Rp. 350.000 hingga 1,5 juta. Tergantung kualitas dan ukuran tubuh ikan koi.

5. Ikan Koi Shiro Matsuba

 Ciri utama dari shiro matsuba ini adalah warna dasar putih dengan sedikit warna hitam pada sisiknya. Jadi jika dilihat sekilas, ikan koi Shiro Matsuba ini terlihat seperti jaring. Ikan ini juga cukup terkenal dan harganya juga masih standar seperti jenis ikan koi lainnya yaitu kisaran harga Rp. 125.000-250.000.

6.Ikan Koi Ogon

Ciri-ciri Ikan Koi Ogon adalah jenis ikan koi yang memiliki varian warna yang cukup cantik. Koi jenis ogon ini memiliki ciri khas warna yang terlihat elegan yaitu kuning keemasan muda. Jenis ikan Koi Ogon ini pertama kali ditemukan pada tahun 1946 oleh seseorang bernama Sawati. Tentu saja Koi tipe Ogon ini didapat dari persilangan antara Koi punggung kuning (belum diketahui namanya) dengan tipe Shiro-Fuji. Percobaan pertama tidak membuahkan hasil apapun, percobaan kedua menghasilkan warna keemasan di sekujur tubuh, namun setelah hampir 6 generasi keturunan koi persilangan, menjadi Ogon emas yang eksotis. Harga Ikan Koi Ogon : Rp.1500.000/cup.

7. Ikan Koi Hikari-Utsurimono

Pada dasarnya, ikan jenis Koi Hikari-Utsurimono adalah jenis variasi warna dari jenis Koi Utsurimono yang biasanya memiliki warna kulit oranye-merah. Ciri-ciri ikan koi jenis hikari ini dapat ditemukan pada corak hitam dan hitam, seperti halnya jenis ikan koi pada umumnya. Harga Koi Hikari Utsurimono: Rp 900.000/cup.

8. Ikan Koi Asagi

Jenis ikan Koi Asagi ini merupakan jenis ikan koi yang cukup unik, hal ini dikarenakan pada bagian punggung ikan jenis ini warna yang dominan adalah biru, abu-abu muda. Kemudian, pada bagian kepalanya berwarna putih dan ada pula yang memiliki warna merah seperti jenis ikan koi pada umumnya. Konon ciri khas ikan koi asagi ini, semakin biru warnanya maka semakin mahal harganya. Harga Ikan Asagi Koi : Rp 1.100.000/ekor.

9. Ikan Koi Shusui

Jenis ikan Koi Shusui sendiri merupakan jenis ikan yang agak mirip dengan jenis Hikarimoyomono, hanya bagian warna merahnya yang lebih besar dan cerah. Ciri-ciri ikan Koi Shusui ini juga memiliki corak seperti finger ribs dan warna abu-abu muda pada bagian punggungnya. Harga Ikan Koi Shusui : Rp 400.000/ekor.

 

10. Ikan Tancho Koi

 

Jenis koi ini adalah spesies yang benar-benar unik. Ya, jenis ikan Koi ini disebut dengan jenis Tancho, ini unik karena memiliki ciri-ciri tubuh ikan yang diselimuti dengan warna putih susu, dan pada bagian kepalanya terdapat lingkaran dengan warna jingga kemerahan muda. Jenis ikan koi tancho ini sangat populer karena dianggap hoki bagi pemiliknya, lingkarannya terlihat seperti koin merah menyala, yang akan membawa keberuntungan. Harga Ikan Tancho Koi : Rp 800.000/ekor.