Tentang Berapa Jenis Zakat 2022

Tentang Berapa Jenis Zakat 2022, Syarat dan Cara Perhitungannya

Zakat merupakan harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap umat muslim sesuai yang diatur dalam Al-Qur-an dan Hadist bilamana sudah tercapai syaratnya. Hanya ada 8 golongan penerima zakat saja yang berhak atas harta tersebut, diantaranya adalah fakir, miskin, amil, hamba sahaya, fisabilillah, ibnu sabil, mualaf, dan gharimin. Secara umum zakat 2022 terbagi menjadi dua jenis yakni zakat maal dan zakat fitrah. Berikut rinciannya.

Mengenal Jenis-Jenis Zakat dan Ketentuannya

Terdapat macam-macam zakat yang perlu Anda ketahui beserta ketentuannya. Antara lain:

Zakat fitrah

Jenis zakat yang wajib dibayar ketika bulan Ramadhan hingga sebelum hari raya Idul Fitri datang. Zakat ini dapat diberikan dalam bentuk makanan pokok, kalau di Indonesia biasanya beras. Untuk takaran beras biasanya 3,5 liter atau setara 2,5 kg dengan kualitas yang sama dengan yang dimakan sehari-hari. Kita dapat memberikan zakat fitrah kepada fakir miskin serta anak yatim yang tidak tercukupi kebutuhannya.

Zakat Maal

Disebut juga zakat penghasilan. Zakat mal terbagi dalam beberapa jenis yakni hasil ternak, hasil perak, hasil laut, hasil pertanian, dan zakat hasil pertambangan yang masing-masing punya perhitungannya sendiri. Undang-undang di negara kita sudah mengatur tentang pengelolaan zakat nomor 38 tahun 19-98. Di dalamnya berisi aturan tentang harta yang wajib disisihkan oleh seorang muslim dan harus diberikan kepada orang yang berhak menerimanya sesuai ketentuan syariat.

Zakat Perdagangan

Merupakan zakat yang berkaitan dengan komoditas perdagangan. Ketentuan zakat perdagangan diambil dari modal dan dihitung dari total penjualan barang sebesar 2,5%. Zakat perdagangan juga disebut zakat tirakat, kita dapat membayar dengan barang dagangan atau uang seharga nilai tersebut.

Binatang Ternak

Hewan ternak yang wajib dizakatkan apabila memberi manfaat seperti membantu manusia mencari makan, bisa digembalakan, mencapai nisab, dan sudah dimiliki selama satu tahun. Misalnya sapi, jika Anda punya 30 ekor sapi maka berikan seekor anak sapi sebagai zakat bila sudah mencapai usia setahun.

Perak dan Emas

Anda wajib membayar zakat emas dan perak apabila telah dimiliki selama setahun dan cukup nisabnya. Perhitungan emas adalah 2,5% dari nilai emas tersebut.

Itulah macam-macam zakat dan ketentuannya. Sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk membayarkan zakat bila ia mampu.   Jika ingin membayar zakat, bisa melalui LAZNAS PYI Yatim dan Zakat yang amanah.

Membayar Zakat kepada Anak Yatim

Anak yatim sebenarnya tidak disebutkan dalam delapan golongan penerima zakat. Namun mereka diperbolehkan menerima apabila masuk kategori anak yatim yang fakir atau miskin. Tidak ada alasan untuk tidak membantu, silahkan klik link pantiyatim.or.id/L/zakat1-2 bila ingin memberikan donasi.