Keutamaan dan Waktu yang Tepat Membaca Doa Qunut Latin

Doa Qunut Lengkap Latin dan Artinya - iqra.id

Doa Qunut latin merupakan salah satu doa yang biasa dibaca setiap shalat subuh ataupun sholat witir. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai waktu, serta keutamaan dalam membaca doa Qunut.

  • Bolehkah Sholat Subuh Tanpa Membaca Qunut?

Sejatinya sholat merupakan salah satu kewajiban utama bagi umat muslim. Namun Allah SWT sendiri tidak mempersulit umatnya untuk beribadah kepada-Nya.

Salah satunya seperti membaca doa Qunut saat shalat subuh, jika Anda tidak membaca doa Qunut saat shalat subuh maka tidak akan membuat shalat tersebut batal. Namun setelah itu anda dianjurkan untuk melakukan sujud sahwi ketika selesai sholat.

  • Beda Qunut Sendiri dan Berjamaah

Qunut sendiri dan berjamaah ini artinya adalah doa Qunut ketika Anda sholat berjamaah dengan doa Qunut yang dibaca ketika Anda sholat sendiri di rumah. Perbedaan ini ada pada akhir kalimat, pada sholat subuh berjamaah, imam menggunakan akhiran kalimat Na yang memiliki arti kami.

Sedangkan pada doa Qunut yang dibaca ketika Anda sholat sendiri menggunakan akhiran nii yang mana mengandung makna aku. Sehingga jelas nampak perbedaan dari keduanya, namun perbedaan tersebut tidak terlalu signifikan sehingga membuat bingung.

  • Waktu Membaca Doa Qunut

Doa Qunut ini tepatnya dibaca ketika sholat subuh. Doa ini dilafalkan dalam posisi berdiri setelah Anda selesai membaca bacaan i’tidal pada rakaat kedua sebelum melakukan sujud pertama.

Sehingga pada shalat biasa seperti disebut tahiyat awal.  Namun doa Qunut ini dibaca sambil berdiri dan mengangkat kedua tangan.

  • Keutamaan

Sejatinya tidak ada doa atau bacaan yang tidak memiliki manfaat, sama halnya seperti doa Qunut ini. Doa Qunut ini mencangkup seluruh kebaikan dunia dan juga akhirat, serta juga mendatangkan banyak keberkahan dan menjauhkan Anda yang membaca dari segala bentuk kuadrat.

Terlebih lagi saat Anda membacanya di bulan suci Ramadhan maka pintu kebaikan dan pintu maaf akan terbuka dengan sangat lebar.

  • Membaca Qunut Wajib atau Sunnah ?

Beberapa hadits pun mengatakan bahwasanya membaca doa Qunut latin ini merupakan hal yang sunnah, sehingga jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, namun jika ditinggalkan maka tidak akan membatalkan sholat. Namun beberapa ulama berpendapat bahwasanya Anda harus menggantinya dengan sujud Sahwi setelah sholat subuh.

  • Apakah Doa Qunut Bisa Diganti ?

Jawabannya adalah bisa, karena beberapa ulama sendiri menerangkan bahwasanya doa Qunut tersebut memanglah sunnah sehingga tidak wajib dibaca. Namun sebagian ulama lainnya, mereka menyatakan bahwasanya harus diganti dengan sujud Sahwi.

Namun tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap membaca doa Qunut latin ini karena memiliki banyak sekali manfaat bagi yang membaca.

  • Sahkah Sholat Subuh Tanpa Qunut ?

Meninggalkan doa Qunut saat sholat subuh memanglah tidak membatalkan sholat. Namun ada baiknya Anda tetap menghafal dan membacanya.

Sebagaimana dengan kewajiban umat muslim untuk melakukan ibadah dengan sempurna, meskipun Allah SWT telah memberikan kemudahan bagi umatnya untuk beribadah.

  • Qunut Dalam Pandangan 4 Mazhab

Doa Qunut ini memiliki 4 pandangan Mazhab. Yang pertama yaitu Ulama Malikiyyah yang berpendapat bahwa tidak ada Qunut kecuali pada sholat subuh saja.

KEmudian untuk pandangan yang kedua dari Ulama Syafi’iyyah yang menyatakan bahwa tidak ada Qunut dalam shalat witir kecuali pada akhir bulan Ramadhan. Yang ketiga merupakan pandangan dari Ulama Hanafiyyah yang menyatakan bahwa tidak disyariatkan membaca Qunut kecuali pada kaum muslimin yang tertimpa musibah.

Pandangan yang terakhir datang dari Ulama Hanabillah yang berpendapat bahwa disyariatkan membaca doa Qunut dalam shalat witir. Serta tidak dianjurkan membaca doa Qunut pada shalat isya kecuali sedang tertimpa musibah.

Nah itulah tadi beberapa penjelasan penting terkait dengan doa Qunut dan juga keutamaan-keutamaan membaca doa Qunut latin. Semoga menjadi manfaat tersendiri bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *