Imun Tubuh Adalah Penjaga Kesehatan Manusia

Imun Tubuh Adalah Penjaga Kesehatan Manusia

Imun tubuh adalah suatu sistem pertahanan alami yang dimiliki oleh tubuh untuk melawan berbagai macam infeksi yang dapat menyebabkan sakit.Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh bakteri patogen.  virus, dan kuman dan lainnya.

Sistem imun tubuh dipengaruhi oleh sel darah putih yang berguna untuk memerangi patogen yang masuk ke dalam tubuh. Tanda sel darah putih memerangi patogen adalah tubuh akan mengalami demam.

Dengan demikian imunitas yangbaik sangat diperlukan agar tidak mudah sakit Jika pada akhirnya  kekebalan tubuh manusia kalah ketika melawan patogen tersebut maka perlu mengkonsumsi obat-obatan untuk untuk membantu tubuh memeranginya.

Macam-Macam Kekebalan Tubuh

Pada umumnya dikenal 3 sistem kekebalan tubuh manusia yaitu:

Kekebalan Tubuh Bawaan

Kekebalan jenis ini merupakan imun alami yang sudah ada sejak lahir dan melindungi tubuh dari segala macam infeksi. Contoh kekebalan tubuh bawaan adalah kulit yang telah mempunyai ketahanan alami untuk melawan kuman supaya tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Kekebalan Tubuh Pasif

Imunitas jenis ini diperoleh dari sumber lain dan sifatnya sementara. Misalnya bayi yang diberikan ASI oleh ibu. Maka ASI akan memberikan imunitas sementara selama bayi mengkonsumsinya.

Kekebalan Tubuh Aktif

Kekebalan tubuh jenis ini diperoleh karena pernah menerima vaksin penyakit tertentu atau pernah mengalami sakit tertentu. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh dapat mengenali dengan mudah patogen yang menyebabkan penyakit tersebut. Sehingga ketika bibit penyakit tersebut datang kembali akan segera dapat dibasmi oleh sel darah putih

Tanda-tanda Imun Tubuh Menurun

Oleh karena berbagai faktor seringkali imun tubuh menurun. Namun tubuh pun memberikan peringatan agar sistem segera memperbaikinya. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi atau suplemen vitamin..

Tubuh pun sering memberikan tanda-tanda bahwa daya tahannya sedang melemah. Tanda-tanda umum yang terlihat biasanya adalah sebagai berikut”:

Sering Merasa Mudah Lelah

Gejala ini muncul apabila Anda bekerja terlalu keras dalam kondisi stres yang berkepanjangan atau kurang istirahat. Dapat dilihat dengan cara jika Anda telah tidur dengan cukup namun tidak bangun dalam keadaan segar.

Ditengarai keadaan ini merupakan proses imunitas alami artinya sebenarnya kekebalan tubuh bekerja dengan keras untuk melindungi tubuh sehingga banyak energi yang dikeluarkan. Dengan demikian badan menjadi lelah ketika sedang tidak dalam keadaan Fit.

 Mudah Flu dan Demam

Demam merupakan salah satu tanda bahwa imunitas tubuh sedang berperang melawan patogen. Ketika infeksi sudah terlanjur terjadi dalam tubuh maka secara otomatis sistem imun akan menaikkan suhu tubuh. Harapannya patogen yang masuk ke dalam tubuh akan mati.

Salah satu cara untuk menjaga imun tubuh bekerja dengan baik adalah dengan memberikan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhannya. Sumber gizi terbaik yang dapat anda konsumsi adalah langsung dari bahan alaminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *