Mengapa Hp Android Cepat Sekali Panas

Penyebab paling umum ponsel Android menjadi panas dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau menghentikannya setelah terjadi

 

Panduan untuk Aplikasi Android Bagian 3 menjelaskan apa yang menyebabkan ponsel Android menjadi sangat panas dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

 

Sebagian besar dari kita pernah mengalami ponsel yang terlalu panas, terutama yang memancarkan kehangatan setelah percakapan yang berlangsung lama. Tapi apa penyebab lain mengapa ponsel menjadi sangat panas? Kadang-kadang ke titik di mana itu tidak akan berfungsi sampai mendingin? Di segmen berikutnya dari Panduan untuk Aplikasi Android, akan kita bahas Penyebab HP Android Cepat Panas ?

 

Sayangnya, tidak ada jawaban tunggal untuk pertanyaan ini. Terkadang ponsel menjadi panas karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. Baterai yang buruk atau masalah perangkat keras lainnya tidak dapat dikesampingkan. Di lain waktu, itu karena infeksi malware.

 

Begini masalahnya: Semua ponsel dapat, dan biasanya akan, menjadi sedikit panas dari waktu ke waktu. Tapi itu menjadi masalah ketika ponsel Anda memanas hingga Anda bahkan tidak bisa memegangnya, atau mulai menunjukkan perilaku aneh. Ada beberapa alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

 

Mengidentifikasi pelakunya

 

Ada beberapa tanda yang dapat Anda gunakan untuk menentukan mengapa ponsel Anda memanas.

 

Pertama, pemanasan dapat disebabkan oleh perangkat keras yang rusak, tetapi juga dapat dipicu oleh gangguan perangkat lunak. Ada tiga area utama di ponsel yang menghasilkan panas: baterai, CPU, dan layar.

 

Saat ponsel menjadi panas, baterai biasanya menjadi tempat pertama yang dilihat. Apalagi jika panasnya berasal dari bagian belakang ponsel. Baterai lithium-ion modern sangat kuat, itulah sebabnya terkadang menjadi panas. Panas menyebabkan baterai melampiaskan pelarut organiknya yang sebenarnya dapat menyala karena terlalu banyak panas atau percikan api. Ledakan Samsung Galaxy S7 yang terkenal disebabkan oleh baterai yang rusak (itulah sebabnya mereka menarik 2,5 juta unit).

 

Namun, jika panas berasal dari bagian depan layar, mungkin karena CPU atau GPU ponsel. Kedua komponen ini menghasilkan panas sebagai produk sampingan dari operasi, jadi ketika prosesor dibutuhkan, produksi panas meningkat.

 

Demikian juga, jika Anda melihat panas datang dari bagian bawah ponsel Anda, ada kemungkinan besar ada masalah dengan unit pengisian daya.

 

Seberapa panas terlalu panas?

 

Ingat, semua ponsel menjadi panas. Tetapi bagaimana Anda bisa tahu jika ponsel Anda mengalami masalah? Semua ponsel memiliki kisaran suhu normal 37-43 derajat Celcius, atau 98,6-109,4 derajat Fahrenheit. Karena kita belum (belum) memiliki termometer di jari kita, kita harus menggunakan tebakan terbaik kita untuk menilai kapan waktu yang tepat untuk berhenti menonton video YouTube dan membiarkan ponsel kita mengatur napas.

 

Anda juga dapat melihat aplikasi seperti AIDA64 dan Cooling Master, yang keduanya bekerja dengan sangat baik di sini. Sementara AIDA64 dapat memberi tahu Anda hampir semua yang perlu Anda ketahui tentang ponsel Anda, Cooling Master dirancang khusus untuk mendeteksi panas berlebih pada ponsel dan menghentikannya dengan menghentikan aplikasi yang membatasinya. Aplikasi keren lainnya adalah CPU-Z, yang dirancang khusus untuk mendeteksi pemanasan CPU.

 

 

 

Mengapa ponsel menjadi panas?

 

Katakanlah Anda memiliki telepon yang terlalu panas untuk ditangani. Berikut adalah beberapa alasan lagi mengapa hal itu bisa terjadi:

 

Anda sedang bermain permainan…banyak!

 

Ayo, jangan beri tahu kami bahwa Anda belum makan Clash of Clans atau salah satu dari banyak tiruan Tetris dalam perjalanan Anda ke tempat kerja atau pada hari Minggu yang malas. Sama seperti PC, bermain di smartphone membebani CPU dan GPU hingga batasnya, yang menyebabkannya menghasilkan banyak panas. Meskipun sesi permainan sesekali tidak akan mematikan ponsel Anda, sesi permainan yang berlangsung beberapa jam tidak disarankan tanpa sering istirahat.

 

Terlalu banyak aplikasi latar belakang

 

Saat Anda meminimalkan aplikasi Gmail untuk memeriksa Facebook, Anda sebenarnya tidak mematikannya. Sebaliknya, Gmail Anda masih aktif di latar belakang. Begitu pula untuk setiap aplikasi yang Anda perkecil. Semakin banyak aplikasi yang Anda jalankan di latar belakang, semakin keras sistem Anda harus bekerja untuk memeliharanya. Secara umum, aplikasi latar belakang biasanya tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda tidak pernah masuk ke pengaturan dan mematikannya, mereka bisa berubah menjadi satu.

 

Binging di video streaming

 

Ya, sayangnya, binging di YouTube atau Netflix untuk sesi sepanjang musim sama merusak kesehatan ponsel Anda dengan permainan maraton. Sejujurnya, apa pun yang membuat layar Anda menyala untuk waktu yang lama dan menggunakan GPU ponsel Anda akan menyebabkan perangkat menjadi panas.

 

Anda memiliki pengaturan yang kurang optimal

 

Menaikkan kecerahan, mengumpulkan semua widget dan wallpaper 3D, dan menggunakan pengaturan tidur untuk sesi audio atau video yang panjang semuanya agak membebani kinerja ponsel. Jika ponsel Anda memanas, mungkin ide yang baik untuk menurunkan eye-candy dan melihat apakah itu membantu.

 

Anda meninggalkan telepon di bawah sinar matahari

 

Karena, mengekspos objek ke panas langsung berarti benda akan menjadi panas, titik.

 

Masalah aplikasi dan OS

 

Bug tertentu dalam aplikasi dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi terlalu panas atau berperilaku tidak semestinya. Hal yang sama berlaku untuk OS ponsel Anda. Karena aplikasi ini harus berjalan pada jenis perangkat yang berbeda menggunakan konfigurasi dan sistem operasi yang berbeda, mereka dapat bekerja secara optimal pada beberapa perangkat, kurang pada yang lain. Cara terbaik untuk menghentikannya agar tidak rusak adalah dengan terus memperbaruinya.

 

Tantangan terbesar dari semuanya: malware

 

Meskipun salah satu masalah di atas dapat dengan mudah melumpuhkan ponsel Anda, tidak ada yang sekuat malware. Kami telah membahas semua cara di mana malware dapat merusak telepon Anda. Karena aplikasi jahat biasanya merupakan bagian kode yang tidak dioptimalkan, mereka memonopoli CPU dan memori ponsel Anda, membatasinya dan menghasilkan banyak panas.

 

 

 

Dinginkan ponsel Anda

 

Lebih sering daripada tidak, alasan ponsel Anda memanas adalah karena sejumlah masalah yang berbeda, bukan hanya satu. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menurunkan suhu.

 

Pertama, jangan pernah memasukkan ponsel ke dalam freezer. Tiba-tiba memperkenalkan ponsel Anda ke rentang suhu yang sangat berbeda dapat menyebabkan layar retak dan sistem mengalami masalah perangkat keras. Demikian pula, meletakkan telepon di lemari es akan menyebabkan pengembunan baik di dalam maupun di luar cangkangnya, yang dapat merusak komponen elektronik.

 

Saran yang lebih baik termasuk:

 

Matikan aplikasi itu 

 

Jika Anda melihat ponsel Anda memanas setelah Anda mengaktifkan aplikasi tertentu, matikan dengan terlebih dahulu meminimalkannya, lalu buka Pengaturan > Aplikasi > Menjalankan Aplikasi > [Aplikasi yang ingin Anda matikan] > Sentuh Berhenti atau Paksa Berhenti. 

 

Lepaskan casing

 

Penutup kulit atau ponsel dapat bertindak sebagai insulasi, menyebabkan penumpukan panas. Lepaskan untuk membiarkan ponsel menjadi dingin. Jika masalah berlanjut, gunakan telepon tanpa itu.

 

Jalankan ponsel dengan daya rendah

 

Di Android, cari Mode Penghemat Baterai.

 

Mematikan pengaturan yang tidak perlu

 

Terlalu sering, orang membiarkan opsi GPS, Bluetooth, atau Wi-Fi aktif, bahkan saat mereka tidak membutuhkannya. Mematikan aplikasi yang tidak dibutuhkan dapat mengakhiri panas berlebih dan menghemat masa pakai baterai. Lebih baik lagi, aktifkan Mode Pesawat saat Anda tidak berencana menggunakan ponsel.

 

Singkirkan sampah

 

Sampah tidak hanya aplikasi yang tidak Anda gunakan, tetapi juga data sampah yang terus dikumpulkan oleh aplikasi berguna. Avast Cleanup untuk Android dapat membantu Anda di sini.

 

Kurangi kecerahan

 

Atau aktifkan Kecerahan adaptif.

 

Selalu perbarui aplikasi Anda

 

Memperbarui pada dasarnya adalah nama lain untuk pengoptimalan. Semakin dioptimalkan suatu aplikasi, semakin sedikit sumber daya yang digunakannya, yang berarti semakin kecil kemungkinannya untuk memanaskan ponsel Anda.

 

Mengganti kabel pengisi daya

 

Sesekali kabel pengisi daya yang rusak dapat menyebabkan unit pengisi daya tidak berfungsi. Jika panas sebagian besar terkonsentrasi di sekitar port kabel, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk beralih ke kabel lain.

 

Bagaimana mencegah overheating di tempat pertama

 

Mulailah dengan antivirus. Ini adalah penjaga Anda di pintu, memastikan tidak ada yang berbahaya masuk untuk memanaskan tempat, termasuk malware. Perangkat lunak keamanan siber yang kuat seperti Avast Free Antivirus memblokir malware di tempat, serta memperingatkan Anda jika web yang Anda coba kunjungi terinfeksi. Ambil langkah untuk melindungi diri Anda sendiri… dan perangkat keras Anda.

 

Juga, ingatlah semua saran di atas, terutama perintah untuk tidak meninggalkan ponsel Anda di bawah sinar matahari langsung. Bergantung pada seberapa kuat matahari terbenam, ponsel Anda bisa menjadi terlalu panas dengan sangat cepat (misalnya, jika Anda meninggalkannya di dasbor mobil Anda). Tetap perhatikan di mana Anda meletakkannya agar tidak gosong saat Anda tidak melihat. Jika kita memperlakukan ponsel kita dengan hati-hati, mereka akan terus melayani kita dengan baik.