Cara Mudah Belanja Bulanan di Bukalapak Pakai Paylater

Belanja Online Makin Mudah dengan Bukalapak Paylater

Sejak pandemi, belanja bulanan secara online mungkin sudah jadi hal lumrah yang dilakukan banyak orang alih-alih ke supermarket. Bukan hanya praktis, cepat, dan bebas antere, belanja bulanan online juga punya beragam keuntungan. Salah satu di antaranya adalah metode pembayaran yang variatif. Bisa cicilan pakai kartu kredit sampai paylater.

Nah, Bukalapak adalah salah satu e-commerce yang menyediakan opsi ini bagi konsumennya. Bermitra dengan fintech, salah satunya Kredivo, kini kamu bisa belanja bulanan di Bukalapak pakai cicilan tanpa kartu kredit. Bisa bayar dalam 30 hari tanpa bunga, atau bisa cicilan dengan tenor maksimal sampai 12 bulan. Menarik, kan?

Di bulan puasa atau kalau ada kebutuhan besar untuk belanja, metode ini bisa dicoba. Selain lebih cepat dan bisa leluasa memilih barang yang ingin dibeli, berbagai promo biasanya juga kerap menyertai pembelanjaan dengan paylater. Baik itu diskon, cashback, sampai cicilan 0%.

Lalu, gimana caranya belanja bulanan di Bukalapak pakai paylater?

 

Pertama: daftar akun paylater yang bermitra dengan Bukalapak

Pada awal tahun 2021, Bukalapak dan Kredivo resmi menjalin kemitraan dalam hal pembayaran paylater.

Ini artinya, pengguna Bukalapak sekarang sudah bisa menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran untuk bertransaksi di Bukalapak. Selain Kredivo, ada juga JULO yang menjadi mitra paylater di Bukalapak. Otomatis, pengguna semakin punya pilihan untuk menggunakan layanan paylater yang sesuai kondisi dan kebutuhannya.

Beda paylater, beda juga syarat dan ketentuannya. Jika kamu memilih Kredivo, maka kamu harus memenuhi tiga syarat ini sebelum daftar:

  1. Kamu sudah berusia minimal 18 tahun.
  2. Kamu sudah berpenghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Kamu berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

Kalau ada satu poin yang nggak sesuai dengan kondisimu, maka kamu bisa mencoba mencari opsi paylater lainnya yang bermitra dengan Bukalapak. Dengan begitu, kesempatan pendaftaran akunmu untuk disetujui jadi lebih besar.

Karena bermitra dengan pihak ketiga, dalam hal ini fintech, untuk bisa menggunakan Bukalapak paylater, maka kamu perlu daftar akun di platform fintech pilihanmu lebih dulu.

Jika memilih Kredivo, kamu yang sudah memenuhi syarat bisa langsung daftar akun melalui aplikasi resmi Kredivo. Unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Setelah itu, pilih jenis akun, Basic atau Premium, ikuti langkah pendaftaran dengan benar, dan submit. Selanjutnya, tunggu dalam 1×24 jam untuk approval.

 

Kedua: cari & masukkan barang atau produk yang ingin dibeli ke keranjang

Langkah kedua ini hanya berlaku jika kamu sudah memiliki akun dan juga limit dari paylater yang bermitra dengan Bukalapak, ya.

Setelah pendaftaran disetujui dan mendapat limit, kamu bisa langsung mengakses situs atau aplikasi Bukalapak untuk mencari barang yang kamu inginkan. Menariknya, jika kamu menggunakan Kredivo, bukan hanya Bukalapak, ada juga berbagai merchant dan e-commerce lain yang bisa menjadi pilihan.

Terlebih jika kamu ingin beli barang yang harganya cukup tinggi seperti smartphone. Tentunya perbandingan harga dari e-commerce satu ke e-commerce lain perlu dilakukan, supaya mendapat harga terbaik, toh?

 

Ketiga: pastikan untuk men-checkout barang belanjaan sekaligus

Jika kamu belanja kebutuhan bulanan di Bukalapak dengan daftar barang yang cukup banyak seperti makanan, minuman, alat kebersihan, dan lain sebagainya, pastikan kamu sudah mengecek harga dan kuota pembeliannya. Plus, pastikan limitmu cukup karena jika tidak maka otomatis, Bukalapak paylater tidak bisa digunakan.

Setelah itu, checkout pembayaran semua barang dalam satu waktu sekaligus. Ini berlaku khususnya jika kamu mau menggunakan opsi cicilan paylater pakai Kredivo di Bukalapak.

 

Untuk bisa menggunakan cicilan Kredivo, minimal pembelanjaan harus Rp 500 ribu dalam satu invoice atau transaksi. Namun, berlaku juga untuk akumulasi. Misalnya, kamu beli 5 kardus mie instan seharga Rp 200 ribu, ditambah dengan alat kebersihan sebesar Rp 200 ribu, dan aneka minuman sebesar Rp 100 ribu.

 

Keempat: pilih metode bayar yang tersedia dengan paylater

Ada tiga opsi pembayaran yang disediakan oleh Kredivo di Bukalapak. Pertama, kamu bisa memilih opsi bayar dalam 30 hari tanpa bunga. Ini berlaku tanpa minimal transaksi. Kedua, ada opsi cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan. Minimal transaksinya sebesar 500 ribu dan ada biaya admin sebesar 1% yang akan diakumulasikan ke jumlah cicilan bulanan. Ketiga, ada opsi cicilan dengan bunga, yaitu 2.6% tapi opsi tenornya lebih panjang yaitu 6 dan 12 bulan.

Dari ketiga opsi ini, pilihlah yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansialmu agar pembayarannya lebih ringan!

 

Kelima: cek ulang simulasi pembayaran dan selesaikan transaksi

Sebelum menyelesaikan transaksi, akan ada halaman simulasi yang menampilkan jumlah cicilan, jumlah tagihan atau angsuran per bulan, beserta tanggal jatuh temponya. Cek baik-baik bagian simulasi ini dan pastikan sudah sesuai.

Jika kamu setuju dengan simulasinya, maka lanjutkan dan selesaikan transaksi dengan login ke akun Kredivo plus masukkan OTP.

Dalam beberapa menit, transaksimu akan berhasil.

Praktis, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *