Pahami Pentingnya Keamanan Pangan bagi Kehidupan

Pahami Pentingnya Keamanan Pangan bagi Kehidupan

Keamanan pangan merupakan aspek penting untuk diketahui karena mencakup bahan-bahan pangan segar, olahan dan berkualitas baik. Ada begitu banyak kasus ketidakamanan pangan di Indonesia sehingga kita semua perlu tahu betapa pentingnya keamanan tersebut. Keamanan dan ketahanan pangan adalah komponen penting dalam hidup manusia.

Apa Definisinya?

Ketahanan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Pemenuhan dari kebutuhan ini merupakan hak asasi semua orang. Mencakup ketersediaan dari kuantitas, kualitas, keamanan, nilai gizi, dan keragaman dengan harga yang dapat ditoleransi oleh daya beli masyarakat.

Terkait juga persyaratan untuk mencegah pangan dari tercampur atau kontaminasi bahan kimia, biologi dan benda fisik lain yang akan mempengaruhi, merugikan, serta membahayakan kesehatan manusia. Makanan sehat termasuk makanan yang bergizi dan aman. Pangan yang aman merupakan upaya mencegah kerusakan yang bisa fatal untuk kesehatan manusia.

Ciri-Ciri

Ciri-ciri pangan yang aman adalah bebas dari kontaminasi. Terdapat ciri lainnya yang bisa Anda ketahui.

  • Aman dikonsumsi: terhindar dari cemaran apapun yang berbau bahan kimia, biologi, fisik, maupun bahan lain yang berisiko bagi kesehatan manusia.
  • Cemaran biologi berupa parasit, virus, kamir, bakteri, kapang, dan ganggang.
  • Cemaran kimia berupa segala bahan kimia yang tidak boleh ada di dalam pangan.
  • Cemaran fisik berupa benda-benda yang masuk dan mengkontaminasi pangan seperti rambut, bangkai, kerikil, batu, serpihan kayu, dan benda lainnya yang memiliki wujud fisik.

Contoh Pencemaran Pangan

Terdapat beberapa contoh dari pencemaran pangan yang harus dihindari manusia dan menjaga pangan agar tidak melalui pencemaran ini.

1. Pestisida

Penggunaan pestisida seperti cairan untuk membasmi serangga dan hama berupa ulat, kutu, nyamuk, belalang dan semut hampir selalu digunakan oleh para penjual pangan. Karena pestisida biasanya diterapkan pada sayuran dan buah-buahan, sayuran dan buah-buahan yang telah disemprot dengan pestisida mengandung residu dan dapat mempengaruhi kesehatan. Terlebih lagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Manusia bisa terpapar kanker, cacat lahir, sampai gangguan sistem saraf.

2. Terpapar Mikroba

Makanan menjadi tidak aman karena terpapar barang berbahaya secara biologis. Seperti mikroba patogen bahkan virus. Virus bisa berkembang biak saat masuk ke tubuh manusia dan menyebabkan keracunan. Keracunan makanan tidak hanya menyebabkan kerugian ekonomi dan sosial, tetapi juga menyebabkan banyak korban jatuh sakit bahkan fatal.

3. Penyimpanan Tidak Bersih

Penyimpanan pangan yang asal dan tidak memperhatikan keadaan sekitar bisa mendatangkan ancaman fisik. Batu halus sampai serbuk kayu yang mungkin ada di wadah penyimpangan bisa mengkontaminasi makanan. Manusia bisa tersedak, mengalami gangguan pencernaan, kerusakan organ, bahkan keracunan karena benda asing yang mentransfer bakteri menyebar di makanan.

Paparan di atas menyadarkan masyarakat akan pentingnya keamanan pangan. Memilih pangan yang bermutu tinggi dan baik bagi kesehatan harus selalu Anda lakukan. Selalu berusaha untuk melakukan upaya demi menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *