7 Tips Sehat dan Bermanfaat Konsumsi Coklat

7 Tips Sehat dan Bermanfaat Konsumsi Coklat

Coklat adalah salah satu kudapan favorit kebanyakan orang, termasuk coklat Milo. Rasanya yang enak dengan sensasi pahit menjadikan coklat banyak menjadi bahan utama maupun campuran berbagai makanan. Eits, jangan asal mengonsumsi coklat sembarangan ya! Yuk, perhatikan tips konsumsi coklat agar lezatnya tetap sehat dan bermanfaat!

1. Makan Dark Chocolate

Dark chocolate adalah coklat yang tidak atau sedikit mengandung bahan tambahan di dalamnya. Beberapa contoh bahan tambahan yang sering dipakai yaitu gula, susu, krimer, dan minyak sayur. Coklat jenis ini biasanya ditemukan di coklat batangan maupun bubuk. Dark chocolate mengandung kadar kakao sekitar 60% hingga 100% dan termasuk coklat yang sehat untuk dikonsumsi.

2. Batasi Konsumsi Coklat

Jika Anda sering mengkonsumsi coklat yang sering dijual di toko jajanan, sebaiknya Anda mulai sekarang membatasinya. Mayoritas coklat jenis ini termasuk coklat yang mengandung banyak bahan tambahan seperti gula agar rasanya manis. Banyaknya asupan gula tentu tidak baik untuk kesehatan. Hal ini berisiko meningkatkan gula darah dan menyebabkan terkena diabetes melitus tipe 2.

3. Cermat dalam Membaca Nilai Gizi dan Komposisi

Nilai gizi penting diperhatikan karena memuat informasi tentang apa saja kandungan coklat yang akan Anda konsumsi. Pilihkan coklat dengan kandungan kakao yang tinggi dan gula yang relatif rendah. Semakin tinggi kadar kakao dan semakin rendah gula dalam coklat konsumsi Anda maka semakin sehat coklat tersebut.

4. Kurangi Mengkonsumsi Coklat Susu

Coklat susu yang beredar di pasaran seringnya diberi bahan tambahan berupa gula yang tinggi. Tambahan gula ini bertujuan untuk menekan rasa pahit dari coklat murni sehingga dihasilkan rasa manis yang tentunya laris dibeli orang. Anda tetap bisa menikmati coklat susu dengan meracik sendiri. Cukup campurkan susu murni, dark chocolate, dan madu sesuai selera maka coklat susu siap dinikmati.

5. Jangan Menambahkan Gula

Banyak produk olahan coklat sudah ditambahkan dengan pemanis. Oleh karenanya, Anda tak perlu lagi menambahkan gula di dalam kudapan tersebut. Penambahan gula yang berlebihan tentu akan berakibat buruk bagi kesehatan. Beberapa efek buruk tersebut yaitu mengantuk, obesitas, hingga risiko terkena kencing manis (diabetes melitus).

6. Tanpa Tambahan Minyak Sayur

Minyak sayur sering ditambahkan ke dalam produk olahan coklat, misalnya coklat siap makan. Penambahan ini bertujuan untuk menambah kadar lemak dalam olahan sehingga rasanya lebih rich. Namun, hal ini tentu kurang baik karena akan mengurangi kemurnian coklat itu sendiri.

7. Chocolate dengan Kandungan Low Calories

Coklat mengandung flavonoid yang bagus untuk kesehatan. Namun, makin tinggi kandungan flavonoidnya maka rasanya akan semakin pahit. Untuk mengakalinya, Anda bisa mencampurkan berbagai bahan lainnya. Madu, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering bisa Anda padukan dengan dark chocolate Anda loh!

Siapapun pasti menyukai coklat dan olahannya. Coklat yang dikenal masyarakat umumnya berbentuk batangan (bar), bubuk, maupun potongan kecil (cubes) seperti coklat Milo. Walaupun enak, Anda harus memastikan bahwa coklat yang dikonsumsi tetap sehat dan bagus untuk kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *