surat somasi

Bagaimana Jika Anda Mendapatkan Surat Somasi?

Banyak orang bingung jika mendapatkan surat somasi dari seseorang. Hal tersebut terjadi karena surat somasi adalah hal yang berbau negatif di kalangan masyarakat. Tak heran banyak pihak yang terlampau panik dan bingung saat mendapatkan surat yang satu ini. Lantas apa yang di maksud dengan surat somasi?

Apa Itu Surat Somasi?

Surat Somasi adalah surat yang berisikan teguran atau pemberitahuan terhadap salah satu pihak atau calon tergugat terkait dengan tindakan hukum yang nantinya akan di proses dalam pengadilan. Adanya surat somasi sendiri bertujuan guna membuka kesempatan terlebih dahulu kepada calon tergugat sebelum kasus tersebut benar benar di laporkan ke pihak berwajib.

Dasar Hukum Surat Somasi

Menurut UU KUHPer Pasal 1238 yang menyatakan jika salah satu pihak membuat perbuatan lalai, dengan surat somasi tersebut berisikan perintah atau teguran dalam kelalaian tersebut. Dalam surat tersebut juga di jelaskan perbuatan perbuatan tertentu yang dapat membebaskannya dari somasi yang di kirimkan.

Langkah Yang Dapat Di Tempuh Jika Mendapatkan Surat Somasi

1. Pahami isi dari surat somasi tersebut

Sebelum melakukan tindakan atau aksi terkait dengan somasi yang di kirimkan kepada Anda, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu akan maksud dan tujuan dari somasi tersebut. Hal ini penting untuk anda lakukan guna menghindari tindakan gegabah yang akan merugikan Anda.

2. Konsultasikan Surat Somasi Tersebut Dengan Lawyer

Dengan berkonsultasi dengan advokat maupun lawyers yang anda tunjuk, Anda akan memiliki kesempatan memberikan balasan yang tepat serta mengambil langkah hukum yang sesuai dan menghindari anda dari hukuman yang tertera pada somasi tersebut.

Itu tadi beberapa langkah yang dapat anda lakukan saat menerima surat somasi. Ada beberapa jenis surat somasi yang dapat di buat oleh siapapun. Jadi sebisa mungkin untuk menghindari tindakan melawan hukum guna menjauhkan Anda dari mendapatkan surat somasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *