Kesimpulan dari User eXperience (UX) Design

Masih banyak yang belum tahu tentang apa itu Ux design. Di era sekarang yang semakin modern, banyak perusahaan besar atau startup yang membutuhkan profesi tersebut. Pasalnya, adanya profesi itu akan membantu untuk meningkatkan kepuasan terhadap pengguna aplikasi.

Kesimpulan dari User eXperience (UX) Design

Secara sederhana, User Experience mempunyai arti sebagai pengalaman pengguna. Kehadirannya diharapkan bisa bersaing dalam menciptakan perangkat lunak sehingga menghasilkan pengalaman pengguna yang baik. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang profesi tersebut, bisa melihat ulasan di bawah ini.

  1. Tujuannya

Kesimpulan pertama bisa dilihat dari tujuan UX. Profesi ini berperan dalam memberikan pengalaman yang baik serta menyenangkan pada pengguna. Mereka juga akan berusaha membantu user dalam mendapatkan informasi dan tujuan dari aplikasi.

User Experience design mempunyai tujuan untuk meningkatkan keuntungan bisnis melalui produk yang dijual. Hal ini karena pengalaman terbaik yang didapatkan oleh pengguna bisa menghasilkan timbal balik pada bisnis berupa peningkatan trafik website.

  1. Metodenya

Ternyata profesi Ux design mempunyai empat metode yang digunakan untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan interaksi pengguna dan aplikasi. Metode yang pertama adalah user centered design di mana metode ini akan berpusat pada pengguna.

Dengan kata lain, metode tersebut akan berfokus pada pendekatan dengan pengguna secara langsung melalui proses diskusi. Metode yang kedua adalah activity centered design di mana metode ini berfokus pada pembuatan desain aplikasi.

Metode yang ketiga adalah keep it simple stupid di mana metode ini akan membuat desain dengan cara sederhana dan tidak menggunakan unsur rumit. Sementara metode yang terakhir adalah goal directed design di mana metode ini memfokuskan desain sebagai fokus utama.

  1. Manfaatnya

Kesimpulan dari UX bisa dilihat dari manfaatnya. Adanya user experience akan memberikan kemudahan pada penggunanya. Mereka mengerti dan memahami akan kebutuhan setiap pengguna. Alhasil mampu bersaing dengan kompetitor serupa.

User experience juga memberikan manfaat untuk mengoptimalkan performa produk digital. Selain itu, meningkatkan kredibilitas dan traffic produk pada aplikasi. Hal inilah yang membuatnya penting untuk diterapkan dalam aplikasi berbasis website atau mobile.

Dari kesimpulan tersebut, tentunya Anda sudah mempunyai bayangan tentang apa itu User Experience Design. Jadi, apakah tertarik untuk mencoba profesi Ux design di era sekarang yang modern ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *