Asupan Gizi Anak untuk harian dan sumbernya

Asupan Gizi Anak untuk harian dan sumbernya

Memberikan asupan gizi anak yang cukup untuk hariannya adalah hal penting demi pertumbuhan dan perkembangan anak. Terlebih masa anak adalah masa-masa yang penting dimana pertumbuhan berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, asupan gizi harus diperhatikan dan dipenuhi dengan baik termasuk aturan memberikan makanan yang tidak boleh sembarangan sehingga pertumbuhan dan perkembangannya tidak terganggu. Salah satu asupan gizi untuk anak usia 0-2 tahun adalah ASI untuk mencukupi gizi hariannya. Hal itu disebabkan karena ASI mengandung zat gizi penting yang masih dibutuhkan anak meskipun tetap didampingi dengan asupan makanan lainnya.

Asupan Gizi Anak Usia 1 – 3 Tahun

Terkait angka kecukupan gizi (AKG) pada anak usia 1-3 tahun, maka mereka membutuhkan energi sebesar 115 kkal, protein 26 gr, lemak 44 gr, karbohidrat 155 gr, serat 16 gr, dan air 1200 ml. Selain gizi makro, anak juga membtuhkan gizi mikro harian seperti beberapa vitamin A sebanyak 400 mcg, D sebanyak 15 mcg, E sebanyak 6 mg, K sebanyak mcg dan mineral. Adapun mineral yang dibutuhkan diantaranya adalah kalsium sebanyak 650 mg, fosfor 500 mg, natrium 1000, magnesium 60 mg, kalium 3000, dan besi 8 mg.

 Sumber makanan sebagai asupan gizi anak yang tepat

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa anak yang sudah berusia 1 tahun maka mereka sudah terbiasa dengan makanan padat sehingga seorang ibu perlu memberikan makanan yang tepat sebagai penambah nutrisi serta gizi anak. Idealnya anak yang sudah mengkonsumsi MPASI maka makanan dengan bentuk dan tekstur yang sesuai dengan mereka dan seorang ibu juga perlu pintar untuk memvariasikan makanan untuk mendapatkan asupan gizi anak yang sesuai. Pemberian variasi makanan ini juga perlu dilakukan secara bertahap dan bisa memulai dengan lebih sering memberikan anak balita sayur, buah-buahan, lauk pauk dari sumber protein hewani dan nabati hingga makanan pokok sumber kalori.  Dengan begitu maka kebutuhan gizi anak bisa lebih tercukupi dena optimal berkat beragam sumber makanan yang dimakannya.

Selain itu, anda juga perlu memberikan porsi makanan yang tepat. Ada baiknya jika porsi makanan ditingkatkan secara bertahap akan tetapi tetap seimbang dan tidak berlebihan. Hal itu disebabkan karena kebutuhan gizi harian anak yang sudah menginjak usia balita mulai meningkat karena anak sudah mulai aktif.

Adapun untuk memperkenalkan anak dengan makanan sehingga mencukupi asupan gizi anak maka anda bisa memberikan makanan porsi sedikit terlebih dahulu. Anda juga bisa menyajikan beberapa jenis makanan baru agar anak bisa memilih dan mulai dengan makanan padat kemudian cair. Anda bisa mengangkat makanan bila anak sudah mulai memainkan atau membuang makanannya. Dengan memperhatikan hal tersebut maka anda sudah tidak perlu lagi untuk memenuhi asupan gizi untuk anak-anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *