kontraktor epoxy lantai indonesia

Cara Mengecat lantai dengan cat epoxy lantai

Di artikel ini akan diuraikan beberapa tahapan dan cara mengecat lantai berbahan betonan dengan menggunakan bahan cat epoxy lantai.Sehingga pembaca tahu tahapn dalam pengecatan epoxy lantai dan bisa mencoba mengecta sendiri apabila ingin mengecat lantai.

 

 Akan tetapi, sebelum kita melakukan proses pengecatan lantai beton menggunakan bahan cat epoxy lantai, pertama terlebih dahulu harus mengukur seberapa luas lantai yang akan dicat menggunakan bahan cat epoxy lantai.

 

Selain itu, kita juga harus terlebih dahulu menentukan pilihan warna cat epoxy lantai serta bahan-bahan lainnya yang akan dipergunakan.Berikut ini adalah beberapa tahapan-tahapan yang harus dilalui apabila ingin melakukan proses pengecatan lantai menggunakan bahan cat epoxy lantai , diantaranya sebagai berikut:

Tahapan Mengecat Dengan Cat Epoxy Lantai

Tahap pertama mengecat dengan cat epoxy lantai , yaitu tahap pengosongan luas lantai yang akan dicat menggunakan cat epox lantai.Langkah atau tahapan pertama ini diperlukan dengan tujuan supaya pada saat melakukan proses pengecatan lantai menggunakan cat epoxy lantai tidak terganggu dengan adanya barang-barang yang menghalangi proses pengecetan lantai nantinya.

 

Cara Mengecat Permukaan Lantai dengan  Epoxy

Tidak hanya memberikan perlindungan, aplikasi cat epoxy juga dapat memberikan nilai estetika. Permukaan lantai menjadi lebih mengkilap, ruangan pun terlihat lebih bersih, elegan, dan cantik. Berikut langkah-langkah mengecat permukaan lantai dengan epoxy:

 

1. Persiapan Permukaan Lantai

Aplikator epoxy lantai yang profesional pasti melakukan prosedur persiapan permukaan lantai dengan baik. Hal ini dilakukan untuk menentukan adhesi antara substrat dan cat epoxy lantai yang pas. Metode yang bisa dilakukan adalah dengan grinding atau pengamplasan.

 

Pastikan permukaan lantai telah rata. Namun, perlakukan khusus juga diperlukan jika harga epoxy lantai pabrik dalam kondisi tertentu. Misalnya diperlukan pembersihan dengan bahan kimia, jika permukaan lantai terkontaminasi minyak.

 

2. Pembersihan Lantai dari Debu

Pembersihan lantai dari debu bisa dilakukan dengan vakum industri. Berbagai partikel debu perlu dibersihkan sebelum memulai pelapisan pertama dengan cat primer. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada partikel yang terjebak di dalam coating.

 

Jika hal tersebut terjadi, tingkat adhesi akan melemah secara signifikan. Semakin minim debu di permukaan lantai beton, maka Anda akan semakin menghemat cat primer.

 

3. Pelapisan Lantai dengan Cat Primer

Cara mengecat lantai dengan epoxy berikutnya adalah melapis lantai dengan cat primer. Proses ini penting dilakukan, namun sebagaian orang masih ada yang beranggapan melapis primer tidak diperlukan. Padahal, lapisan ini akan membuat lantai berumur lebih panjang.

 

Selain itu, daya tahan terhadap beban pun menjadi lebih baik. Ditambah tingkat adhesi yang dapat merekat dengan kuat pada substrat. Cat primer ini akan menghilangkan risiko gelembung dan gas karena akan melapis substrat dengan baik.

 

Selain itu, langkah ini juga akan mengurangi jumlah zat pelapis berikutnya yang dibutuhkan. Untuk membuat lapisan primer ini, pastikan area tersebut memiliki sistem ventilasi yang baik.

 

4. Pengaplikasian Lapisan Pertama Cat Epoxy

Langkah berikutnya adalah membuat lapisan pertama dari cat epoxy. Langkah ini dilakukan dengan mencampurkan dua komponen epoxy, yaitu hardener dan bahan resin epoxy. Untuk mencampurnya secara merata, gunakan mixer listrik selama dua menit.

 

Proses pencampuran dua bahan ini perlu dilakukan dengan takaran yang pas. Jangan sampai kurang karena karena hasilnya akan buruk untuk permukaan lantai. Oleh karena itu, pencampuran komponen ini perlu dilakukan aplikator epoxy yang profesional.

 

5. Mengaplikasikan Cat Epoxy dengan Roller

Setelah mencampur dua komponen utama epoxy, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan cat epoxy dengan roller. Sebaiknya gunakan alat roller berkualitas bagus karena tidak akan mudah terlepas saat digunakan.