Tips Membuat Naskah Agar Dilirik Penerbit

Semua orang penulis tentu ingin jika naskah mereka berhasil masuk ke penerbit dan sukses hingga diterbitkan. Namun sebenarnya hal ini pun tidak mudah untuk dilakukan. Namun sebelum akhirnya menuju ke tempat cetak buku murah, ada beberapa tips dapat Anda coba.

Cek Tips Naskah Dilirik Penerbit

Sebelum naskah Anda benar-benar berhasil di percetakan misalnya di tempat cetak buku murah, tentu ada banyak proses tahapan harus dilewati sebelumnya. Namun sebelumnya, cobalah mengikuti tiga tips berikut ini agar mencuri perhatian penerbit.

  1. Menentukan Tema yang Jelas

Tips pertama yang wajib untuk Anda lakukan adalah memastikan bahwa tema dari naskah tersebut benar-benar jelas. Cobalah menggunakan topik sedang booming atau berdasarkan keahlian diri sendiri sehingga memiliki keunggulan tersendiri apabila diceritakan.

Apabila Anda memilih tema yang sedang booming, maka artinya ada banyak topik dapat dibahas. Langkah ini bisa dilakukan dengan cara survey terlebih dahulu ke berbagai toko buku atau bergabung ke komunitas penulis sehingga mendapatkan inspirasinya.

  1. Menentukan Target Pembaca

Setelah Anda berhasil menentukan tema yang  jelas, kini saatnya memilih target pembaca sesuai mangsa pasar. Pastikan jika tulisan tersebut berhubungan dengan siapa akan membacanya. Hal ini penting ditentukan secara tepat agar benar-benar tepat sasaran.

Karena di dalam sebuah buku, tidak hanya menyampaikan informasi dengan solusi melainkan juga mampu menggambarkan kepribadian dari seorang pembaca. Misalnya, jangan menulis naskah adat Jawa namun justru dipasarkan secara khusus untuk warga Sumatera.

  1. Memastikan Isi Sesuai dengan Tema

Tips berikutnya adalah memastikan bahwa isi naskah yang Anda tulis sudah sesuai dengan tema sebelumnya. Hal ini juga mencakup mulai dari judul dan alurnya. Maka dari itu penting bagi seorang penulis untuk membuat garis besar agar cerita tidak akan keluar dari outline.

Jangan sampai ada yang melenceng jauh dari garis besar sebelumnya. Pasalnya hal ini justru menimbulkan adanya ambiguitas dan pesan kurang jelas bagi pembacan. Akhirnya mereka pun merasa kebingungan dan tidak ingin membaca lagi.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar naskah dapat dilirik oleh penerbit. Namun bagi seorang pemula pun juga berkesempatan melakukan self publishing misalnya mencetak buku sendiri di tempat cetak buku murah karena banyaknya keuntungan di baliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *