Tips Mengecat Dinding Rumah Sendiri Agar Hasilnya Bagus!

Salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai estetika rumah, dan juga mengganti suasana yang ada di dalam hunian adalah mengganti warna cat dinding yang digunakan. Bagaimanapun juga warna cat yang ada di dalam rumah tersebut juga sangat berpengaruh terhadap mood Anda. Misalnya ketika ingin rumah tampak lebih sejuk maka Anda bisa mengecat dinding dengan warna hijau maupun biru muda, warna-warna terang akan memberikan kesan yang lebih semangat dalam menjalani hari-hari dan sebagainya.

Hanya saja jika harus mengganti warna dinding rumah, sudah pasti ada sejumlah biaya yang harus Anda keluarkan bukan, mulai diantaranya adalah biaya untuk membeli alat mengecat sampai dengan biaya jasa tukang. Anda bisa lebih hemat biaya jika seandainya memilih mengecat sendiri tanpa harus memakai jasa tukang. Agar hasilnya tetap bagus tak kalah dengan pengerjaan oleh ahlinya, maka berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan, yaitu:

1. Lakukan persiapan secara matang, agar nantinya hasil pengecatan bisa bagus, rapi serta tidak mengotori lantai, maka Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari alat-alat, kemudian juga mengalami bagian lantai dengan koran dan sejenisnya, persiapan ini penting dilakukan sehingga hasil pengecatan nantinya juga lebih optimal.

2. Pastikan bahwa dinding siap untuk dicat, tak jarang diantaranya orang-orang yang mengecat pada saat kondisi dinding belum siap, sehingga hasilnya juga kurang optimal. Untuk itu maka harus dicek terlebih dahulu apakah ada bagian dinding yang berlubang, retak sehingga perlu diperbaiki dahulu ataukah tidak. Karena hal ini akan mempengaruhi hasil pengecatan tersebut.

3. Siapkan cat dan pastikan memilih cat berkualitas, bagaimanapun juga kualitas dari cat yang akan digunakan tersebut nantinya sangat mempengaruhi hasil dari pengecatannya, apakah bagus ataukah tidak. Untuk itu maka Anda juga harus pintar-pintar dalam memilih jenis cat yang akan digunakan, apakah memang bagus ataukah murahan.

4. Pelajari jenis kuas serta metode pengecatan, nyatanya ada banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan kuas dalam mengecat, padahal sebenarnya berbeda jenis kuas maka teknik pemakaiannya juga akan berbeda, sehingga paling tidak harus dipelajari terlebih dahulu.

5. Perhatikan perubahan warna yang dipilih, jika seandainya Anda ingin melakukan perubahan satu warna ke warna lain selain dari putih, hendaknya lakukan pengamplasan terlebih dahulu sehingga warna sebelumnya akan memudar, sebelum nantinya siap untuk diganti dengan warna yang baru.

Dengan demikian Anda tak perlu mahal-mahal keluar biaya untuk jasa tukang, jika seandainya pengecatan bisa dilakukan sendiri. Hanya saja jika memang tidak memungkinkan waktunya atau tidak percaya diri, maka lebih baik pakai jasa tukang saja agar hasilnya lebih rapi.